Peran Media Sosial Dalam Pemasaran Pada Produk Chocofaza
Abstract
Perkembangan internet menyebabkan komunikasi menjadi lebih mudah.
Media sosial tidak hanya sebagai alat komunikasi antar individu, namun juga
sudah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran dalam bisnis. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis media sosial yang digunakan dalam
pemasaran, menganalisis peran media sosial dalam pemasaran, dan menganalisis
kinerja e-services melalui media sosial menurut persepsi konsumen. Penelitian ini
difokuskan studi kasus pada Chocofaza sebagai salah satu usaha mikro kecil dan
menengah (UMKM). Data yang diperoleh dari 95 responden dengan metode
purposive sampling dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan tabulasi
sederhana. Hasil analisis menunjukan bahwa media sosial yang efektif dalam
pemasaran adalah Facebook dan Instagram. Media sosial berperan dalam
mengkomunikasikan bauran pemasaran serta dapat memperluas pasar. Selain itu,
kinerja e-services yang ditawarkan Chocofaza pada media sosial menurut
penilaian konsumen berada pada kategori baik.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]