Analisis Kepuasan Konsumen Mienampol Kota Bogor
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, proses
pengambilan keputusan, dan tingkat kepuasan konsumen restoran Mienampol.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI),
dan Importance Performance Analysis (IPA). Data dikumpulkan dari 100
responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa mayoritas konsumen Mienampol berjenis kelamin
perempuan, berusia 15-24 tahun, berdomisili di Bogor, belum menikah,
berpendidikan terakhir SMA, berprofesi sebagai pelajar, berpendapatan per bulan
dibawah Rp 1 juta, dan berpengeluaran rata-rata di Mienampol dibawah Rp 50
000. Berdasarkan dari perhitungan CSI, konsumen Mienampol berada pada
tingkat kepuasan puas. Berdasarkan hasil test menggunakan IPA, atribut yang
perlu peningkatan adalah keragaman dan ketersediaan menu, kemampuan
karyawan dalam memberikan pelayanan, kesediaan Mienampol dalam menangani
keluhan konsumen, karyawan memberikan pelayanan yang cepat, kenyamanan
restoran, keramahan dan kesopanan karyawan, dan kebersihan alat-alat makan.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]