Respon Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Lapis Bogor Sangkuriang
Abstract
Lapis Bogor Sangkuriang merupakan pelaku usaha lapis talas yang pertama
di kota Bogor. Berhasil menciptakan produk olahan talas menjadi keunikan
tersendiri yang sangat diminati oleh wisatawan dan warga sekitar. Hal tersebut
mengundang pelaku usaha baru untuk melakukan bisnis di industri lapis talas.
Banyaknya pelaku usaha di industri lapis talas dapat meningkatkan persaingan
sehingga dibutuhkan strategi bauran pemasaran dalam menghadapi persaingan.
Penelitian ini meneliti respon konsumen terhadap bauran pemasaran yang
ditawarkan Lapis Bogor Sangkuriang. Data dikumpulkan dari 115 konsumen yang
dipilih secara sengaja. Respon konsumen terhadap kepentingan dan kinerja bauran
pemasaran diukur dengan skala Linkert. Data dianalisis menggunakan Important
Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil
menunjukkan bahwa kinerja bauran pemasaran belum maksimal
diimplementasikan di Lapis Bogor Sangkuriang. Implikasi manajerial dalam upaya
memaksimumkan kinerja bauran pemasaran perlu mengevaluasi kinerja pada
bauran pemasaran harga dan promosi. Pada akhirnya bukan tidak mungkin kinerja
tersebut akan memengaruhi peningkatan konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]