dc.description.abstract | Dr. Coffee Jaya Raya merupakan industri rumahan yang memasarkan
single origin coffee asli Lampung. Dalam pemasaran produk, Dr.Coffee Jaya
Raya masih terkendala masalah seperti penjualan yang berfluktuatif, keterbatasan
sumberdaya manusia, target omset yang tidak tercapai serta persaingan di dalam
industri minuman. Sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat dalam
memasarkan produknya. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang dapat
mendukung pemasaran produk sehingga tercipta keputusan pembelian oleh
konsumen adalah penggunaan konsep bauran pemasaran 4P (marketing mix).
Perancangan strategi bauran pemasaran melibatkan pihak internal yakni pemilik
usaha dan pihak eksternal yakni konsumen. Metode Analitik Hirarki Proses
(AHP) digunakan dalam penelitian untuk menentukan prioritas strategi pemasaran
berdasarkan keputusan pihak internal, sedangkan analisis deskriptif digunakan
untuk mengevaluasi bauran pemasaran yang telah dilakukan melalui penilaian
pihak eksternal. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang
menjadi prioritas berturut-turut adalah promosi, produk, distribusi dan harga.
Kemudian prioritas pada sub bauran promosi adalah pemasaran langsung,
hubungan masyarakat, media massa serta media social. | id |