Analisis Komparasi Efisiensi Pemasaran Ayam Ras Pedaging Pola Kemitraan dan Pola Mandiri di Wilayah Bogor.
View/ Open
Date
2016Author
Saputra, Ernandy Aditiar
Muflikh, Yanti Nuraeni
Metadata
Show full item recordAbstract
Bogor merupakan salah satu daerah sentra penghasil ayam ras pedaging di
Provinsi Jawa Barat. Terdapat dua jenis peternakan ayam ras pedaging di Wilayah
Bogor yaitu pola peternakan kemitraan dan pola peternakan mandiri. Adanya
perbedaan jenis peternakan ayam ini menyebabkan munculnya perbedaan
pendapatan dan saluran pemasaran. Analisis pemasaran dilakukan dengan tujuan
mengidentifikasi saluran tataniga dan membandingkan efisiensi pemasaran dari
kedua jenis peternakan yang ada. Metode yang digunakan untuk memilih
responden adalah metode purposive dengan mengambil 22 peternak responden
dan responden lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling.
Hasil penelitian menunujukan bahwa terdapat delapan saluran pemasaran ayam
ras pedaging. Secara umum, sistem tatanaiga yang terbentuk belum efisien.
Saluran yang paling banyak digunakan oleh peternak kemitraan adalah saluran 1
(peternak-perusahaan inti-bakul-RPA-konsumen) yang memiliki nilai marjin 19
901,19 serta farmer’s share 46,69 persen. Sementara pada pola mandiri saluran
yang paling banyak digunakan oleh peternak adalah saluran 5 (peternak-bakul-
RPA-konsumen) dengan margin 26 000 dan farmer’s share 35 persen.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]