Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Preferensi dan Persepsi Nasabah terhadap Pembiayaan Mudharabah (Kasus: KSPPS TAMZIS Bina Utama Cabang Depok)
Abstract
Pembiayan mudharabah merupakan pembiayaan untuk usaha produktif yang diharapkan lebih dapat berkembang dibandingkan jenis pembiayaan lain karena resiko usaha ditanggung bersama anatra mudharib dengan sahibul maal. Namun demikian hingga saat ini jenis pembiayaan tersebut relatif kecil, lebih kecil dibandingkan jenis pembiayaan lain. Pada KSPPS TAMZIS Bina Utama cabang Depok, jenis pembiayaan yang dominan justru pembiayaan mudharabah dan nilainya cenderung meningkat. Dengan demikian tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi nasabah dan faktor-faktor yang memengaruhi preferensi terhadap pembiayaan ini. Bedasarkan analisis skala likert menunjukkan bahwa persepsi nasabah terhadap pembiayaan ini dari sisi akses pembiayaan, kesesuaian produk, dan prosedur pengajuan pembiayaan sudah baik, sementara dari variabel pelayanan dan promosi masih tergolong cukup. Hasil metode regresi logistik menunjukkan bahwa dari enam variabel yang diduga memengaruhi preferensi nasabah, semua variabel berpengaruh signifikan kecuali variabel jarak dengan arah yang negatif untuk variabel usia, besar cicilan, dan waktu menunggu dana cair. Kemudian arah positif untuk variabel jumlah tanggungan keluarga dan lama menjadi anggota BMT. Kecuali variabel usia, semua variabel yang signifikan pengaruhnya sesuai dengan hipotesa.