Strategi Pengembangan Usaha Kecil Ayam Goreng Fast Food F-Chick, Kabupaten Bogor
Abstract
F-Chick merupakan salah satu usaha kecil yang menawarkan ayam goreng fast food ala Amerika yang berada di area lingkar kampus IPB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan yang dapat dijalankan oleh UKM ayam goreng fast food untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat. Faktor-faktor strategis eksternal dan internal dianalisis dengan menggunakan matriks EFE, IFE, SWOT dan QSP untuk menghasilkan prioritas strategi. Matriks EFE digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal dan matriks IFE digunakan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal. Alternatif strategi diperoleh dengan menggunakan matriks SWOT. Prioritas strategi dipilih melalui matriks QSP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prioritas strategi tertinggi yang diperoleh dari matriks QSP yaitu mengevaluasi dan mengoptimalkan manajemen sumberdaya manusia dan sistem perekrutan karyawan.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]