Pengaruh bauran pemasaran (7P) terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen Pondok Bangladesh Rajanya Mie Aceh
Abstract
Kebenaran tentang persaingan yang ketat dari restoran, Pondok Bangladesh
Rajanya Mie Aceh, bisnis kuliner Aceh mie milik Pak Bahtiar harus
mengembangkan strategi pemasaran untuk mempertahankan kepuasan pelanggan
dan memaksimalkan pendapatan bisnisnya.Pondok Bangladesh Rajanya Mie Aceh
sudah menerapkan strategi bauran pemasaran 7P, tapi tidak ada bukti yang
menunjukkan bauran pemasaran apa yang signifikan mempengaruhi bisnis restoran
ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dimensi bauran pemasaran
yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan,
untuk menganalisis indeks kepuasan pelanggan, untuk menganalisis loyalitas
pelanggan dan untuk memberikan saran tentang implikasi manajerial. Dalam
penelitian ini, penulis menggunakan metode model persamaan struktural, CSI dan
CLI. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah bahwa dimensi yang berpengaruh
secara signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah produk, proses
dan bukti fisik. Pada akhirnya, penelitian ini merekomendasikan Pondok
Bangladesh Rajanya Mie Aceh sebaiknya meningkatkan dimensi yang berpengaruh
secara signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan: produk, proses dan
sarana fisik. Sementara untuk dimensi yang tidak berpengaruh signifikan, yakni
harga, tempat promosi dan manusia, sebaiknya dirubah menurut kebijakan pemilik
bisnis itu sendiri.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]