Pengembangan Mesin Pencari pada Online Shop menggunakan Pemodelan Dokumen Ontologi Produk
View/ Open
Date
2016Author
Sianturi, Rijen Juni P.
Adisantoso, Julio
Herdiyeni, Yeni
Metadata
Show full item recordAbstract
Mesin pencari pada online shop memegang peranan penting sebagai fasilitas untuk menemukan produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Relevansi antara query masukan dengan hasil yang ditampilkan oleh sistem terkadang menjadi permasalahan disaat mesin pencari tidak dapat merepresentasikan pengetahuan dari data pada dokumen. Penelitian ini mengajukan sebuah model ontologi untuk mesin pencari. Fokus dari penelitian ini adalah melakukan pemodelan ontologi pada data produk milik e-commerce dan menerapkannya untuk modifikasi pada query. Penelitian ini mengukur performa mesin pencari dengan membandingkan pencarian menggunakan model ontologi dan model relasional database. Pada penelitian ini diujikan 20 query menggunakan Solr pada 76,518 data produk milik e-comerce Blibli.com. Hasil evaluasi menunjukan bahwa mesin pencari menggunakan model ontologi lebih baik dibandingkan dengan tanpa ontologi. MAP (mean average precision) search engine menggunakan model ontologi sebesar 0.94.
Collections
- UT - Computer Science [2322]