Pengaruh Pola Asuh Disiplin Ibu terhadap Karakter Disiplin Anak Usia Taman Kanak-Kanak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh disiplin ibu terhadap karakter disiplin anak usia taman kanak-kanak pada TK di Kota Bogor. Desain penelitian menggunakan cross sectional study yang melibatkan 46 orang anak dan ibunya, dipilih secara accidental sampling dan diwawancarai dengan kuesioner. Pola asuh disiplin diukur menggunakan kuesioner The Dimensions of Discipline Inventory (DDI) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Straus dan Fauchier (2011) dengan nilai cronbach’s alpha 0.864, dan Kuesioner Perkembangan Karakter Anak Usia Prasekolah yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Hastuti (2014) dengan nilai cronbach’s alpha 0.649. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara lama pendidikan ibu dengan cara implementasi disiplin dan terdapat hubungan positif signifikan antara status pernikahan utuh dengan penilaian kognitif. Penilaian kognitif merupakan pendapat atau penilaian orang tua terhadap pola asuh disiplin baik yang disetujui maupun tidak. Karakter disiplin anak dipengaruhi oleh lama pendidikan ibu, usia ibu, dan situasi dalam penerapan disiplin (R2 Adjusted= 0.492). Situasi dalam penerapan disiplin merupakan suatu keadaan atau kondisi orang tua ketika menerapkan perilaku disiplin kepada anak.