Analisis Strategi Koping Konsumen atas Ketidakpuasan Pasca Pembelian
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi koping pada komplain konsumen dan menganalisis pengaruh karakteristik ibu rumah tangga, pengetahuan, sikap terhadap komplain konsumen, dan pengalaman ketidakpuasan terhadap strategi koping dan dimensinya. Penelitian ini menggunakan metode survei, yang melibatkan 250 ibu rumahtangga. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensia SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan skor indeks tertinggi ibu rumahtangga pada dimensi strategi koping konsumen adalah menggunakan strategi koping konsumen fokus pada penghindaran masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi pengetahuan ibu rumahtangga tentang hak-hak konsumen dan semakin sering mengalami ketidakpuasan, maka strategi koping konsumen semakin meningkat. Strategi koping fokus pada emosi akan meningkat ketika semakin tinggi tingkat pendidikan ibu rumahtangga dan semakin sering mengalami ketidakpuasan. Selanjutnya, semakin tinggi pengetahuan ibu rumahtangga tentang hak-hak konsumen, semakin positif sikap terhadap komplain, dan semakin sering mengalami ketidakpuasan, maka strategi koping fokus pada masalah semakin meningkat.