Sensitivitas Ibu, Kelekatan Ibu-Anak, dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Wilayah Miskin Perkotaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sensitivitas ibu, kelekatan ibu-anak, dan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di wilayah miskin perkotaan. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Empang dan Tegallega, Kota Bogor yang melibatkan 100 contoh anak yang berusia 3-6 tahun beserta ibu yang dipilih secara proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama pendidikan ibu dan sensitivitas ibu berhubungan positif signifikan dengan kelekatan ibu-anak. Lama pendidikan ibu dan pendapatan per kapita berhubungan positif signifikan dengan perkembangan kognitif anak. Besar keluarga berhubungan negatif signifikan dengan kelekatan ibu-anak dan perkembangan kognitif. Keikutsertaan PAUD dan lama pendidikan ibu berpengaruh positif terhadap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara kelekatan ibu-anak dengan perkembangan kognitif anak.