Karakteristik Pembeli dan Pengambilan Keputusan Perdagangan Satwaliar di Pasar Satwa Jatinegara
View/ Open
Date
2016Author
Satria, Fahmi
Mardiastuti, Ani
Sunarminto, Tutut
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembeli merupakan salah satu komponen penting dalam perdagangan satwaliar karena mereka adalah pihak yang mengeluarkan uang untuk membeli satwaliar sehingga peranannya sangat menentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidenifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian satwaliar dan mengetahui karakteristik konsumen serta satwa yang dibeli. Penelitian dilakukan pada Mei 2015 dengan menggunakan metode judgement sampling. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli satwaliar adalah faktor budaya dengan subfaktor tren terkini, faktor tempat dengan subfaktor lokasi dekat dengan tempat tinggal atau kantor, faktor sosial dengan subfaktor keramahan penjual, faktor ekonomi dengan subfaktor harga satwa, dan faktor nilai satwa dengan subfaktor kemudahan perawatan dan pemeliharaan satwa. Karakteristik konsumen sebagian besar berpendidikan menengah dengan penghasilan sedikit di atas UMR dan masuk ke dalam kategori dewasa, sedangkan satwa yang dibeli konsumen terdiri dari 16 jenis burung, 2 jenis mamalia, dan 1 jenis reptil.