Sosial Ekonomi dan Persepsi Masyarakat terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) IUPHHK-HA PT Sarpatim, Kalimantan Tengah
Abstract
Perusahaan sebagai aktor pembangunan ekonomi nasional harus dapat
berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta lingkungan
sekitarnya sebagai bentuk nyata kepeduliannya terhadap tanggung jawab sosial
dan lingkungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR),
termasuk perusahaan kehutanan. PT Sarpatim merupakan perusahaan IUPHHKHA
yang telah menjalankan program CSR untuk masyarakat lokal di sekitarnya
berupa kegiatan Pembinaaan Masyarakat Desa Hutan (PMDH). Oleh karena itu,
perlu dilakukan kajian sosial ekonomi dan persepsi masyarakat terhadap program
CSR PT Sarpatim yang telah dijalankan. Analisis deskriptif digunakan untuk
menjelaskan kondisi sosial masyarakat dan implementasi kegiatan CSR
perusahaan. Analisis garis kemiskinan Sajogyo digunakan untuk mengetahui
kondisi ekonomi masyarakat. Sedangkan, analisis skala Likert digunakan untuk
mengetahui persepsi masyarakat terhadap perusahaan. Sosial ekonomi masyarakat
sekitar perusahaan tergolong ke dalam masyarakat tidak miskin, bermata
pencaharian sebagai petani ladang berpindah dan tingkat pendidikan yang rendah.
Secara umum, persepsi masyarakat terhadap CSR perusahaan adalah baik dengan
tahapan kedermawanan sosial program CSR masih berada pada tahap Charity dan
sebagian Philantrophy. Bantuan fisik dan program perusahaan sangat membantu
kehidupan sehari-hari bagi masyarakat terutama penambahan sarana dan
prasarana umum serta peningkatan ekonomi. Namun, perlu adanya perbaikan alat
transportasi untuk kegiatan pemasaran hasil pertanian.
Collections
- UT - Forest Management [2836]