Strategi Pengembangan Usaha Minyak Kelapa Sawit (CPO) pada PT Socfin Indonesia, Sumatera Utara
View/ Open
Date
2016Author
Hidayat, Muhammad Arif
Adhi, Andriyono Kilat
Metadata
Show full item recordAbstract
PT Socfin Indonesia merupakan salah satu perusahaan perkebunan kelapa
sawit yang berpusat di Sumatera Utara. Jumlah permintaan terhadap produk
kelapa sawit yang terus meningkat dan semakin ketatnya persaingan dalam
industri kelapa sawit menuntut PT Socfin Indonesia untuk melakukan
pengembangan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor
internal dan eksternal, memformulasikan strategi pengembangan yang
dapat diterapkan perusahaan serta menentukan prioritas strategi yang dapat
diimplementasikan oleh PT Socfin Indonesia. Matriks IFE dan EFE digunakan
untuk menganalisis faktor internal dan eksternal dari perusahaan. Matriks IE
digunakan untuk menentukan posisi perusahaan, dimana perusahaan berada di
kuadran pertama. Formulasi alternatif strategi pengembangan dibuat
menggunakan matriks SWOT yang menghasilkan delapan alternatif strategi.
Terakhir dengan menggunakan QSPM diperoleh prioritas strategi utama yaitu
Meningkatkan produktivitas minyak kelapa sawit (CPO) dari setiap kebun.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]