Sistem Pemasaran Ikan Lele Konsumsi di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor
View/ Open
Date
2016Author
Dame, Cherry Khatleen
Muflikh, Yanti Nuraeni
Metadata
Show full item recordAbstract
Kabupaten Bogor merupakan sentra produksi ikan lele di Jawa Barat.
Produksi ikan lele meningkat setiap tahun namun peningkatan tersebut tidak
signifikan dengan peningkatan harga di tingkat pembudidaya sehingga
penerimaan di tingkat pembudidaya dirasa kurang adil. Hal ini erat kaitannya
dengan sistem pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem
pemasaran dan efisiensi pemasaran ikan lele konsumsi di Kecamatan Parung,
Kabupaten Bogor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima saluran pemasaran ikan
lele konsumsi di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Berdasarkan nilai marjin
pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan atas biaya seluruh saluran
pemasaran ikan lele konsumsi di Kecamatan Parung sudah efisien. Namun
pembudidaya ikan lele tidak memiliki alternatif saluran pemasaran karena seluruh
pembudidaya menjual hasil panennya kepada pedagang pengumpul desa. Saluran
4 relatif lebih efisien untuk ikan lele ukuran sedang dengan nilai margin
pemasaran terendah sebesar 17.8 persen dan farmer’s share tertinggi sebesar 82.1
persen.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]