Implementasi Konsep Balanced Scorecard pada UMKM (Studi Kasus: Cattle Milk Bogor)
Abstract
Cattle Milk adalah usaha produk olahan susu berskala usaha kecil dan
menengah yang berlokasi di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Cattle Milk
mengalami penurunan penjualan dan profit karena munculnya kompetitor baru
dan internal perusahaan yang belum berjalan secara optimal. Tujuan penelitian ini
adalah merancang strategi pengembangan usaha dengan konsep balanced
scorecard. Balanced scorecard merancang strategi dengan empat perspektif yaitu
perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis dan
perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data diperoleh dari pemilik Cattle
Milk, karyawan Cattle Milk dan konsumen Cattle Milk pada bulan Januari 2016.
Balanced scorecard menghasilkan strategi berdasarkan empat perspektif tersebut.
Customer satisfaction index menunjukkan tingkat kepuasan konsumen Cattle
Milk. Importance performance analysis menjelaskan atribut yang terdapat pada
kegiatan bisnis Cattle Milk. Paired comparison untuk menentukan prioritas
strategi berdasarkan konsep balanced scorecard.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]