Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) terhadap Daging Ayam Bersertifikat Halal (Studi Kasus Konsumen PT. Tri Satya Mandiri)
Abstract
Sebesar 87.18 % dari total penduduk di Indonesia beragama Islam.
Berdasarkan Alquran dan Hadis, mengonsumsi makanan halal merupakan suatu
kewajiban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik responden
yang bersedia membayar biaya tambahan terhadap daging ayam bersertifikat
halal, menghitung besarnya nilai kesediaan konsumen membayar biaya tambahan
terhadap daging ayam bersertifikat halal, dan menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi kesediaan konsumen membayar (willingness to pay) biaya
tambahan terhadap daging ayam bersertifikat halal. Metode yang digunakan
adalah Contingent Valuation Method (CVM) dan Regresi Logistik. Penelitian
dilakukan pada bulan Maret 2016 di PT. Tri Satya Mandiri dengan jumlah
responden sebanyak 70 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rataan (EWTP)
kesediaan konsumen untuk membayar biaya tambahan terhadap daging ayam
bersertifikat halal adalah sebesar Rp 3582 per kilogram. Variabel yang siginifikan
memengaruhi kesediaan membayar (willingness to pay) biaya tambahan
responden pada daging ayam bersertifikat halal adalah pengetahuan daging halal,
jumlah tanggungan keluarga, dan kepedulian terhadap Sertifikat Halal.