Pola Antrian Kapal Perikanan Di Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Karangsong, Kabupaten Indramayu
View/ Open
Date
2016Author
Rosalia, Ayang Armelita
Imron, Mohammad
Solihin, Iin
Metadata
Show full item recordAbstract
Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Karangsong Merupakan Salah Satu Pelabuhan Tebesar Dan Paling Tinggi Aktivitasnya Di Kabupaten Indramayu. Namun, Dalam Proses Pembongkaran Ikannya, Sering Terjadi Penumpukan Antrian Kapal Ikan. Hal Ini Menunjukkan Bahwa Aktifitas Yang Tinggi Di Ppi Tersebut Menyebabkan Antrian Kapal Ikan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengidentifikasi Pola Antrian Kapal Yang Digunakan Di Ppi Karangsong, Menganalisis Pemanfaatan Fasilitas Dan Mengidentifikasi Lama Waktu Pembongkaran Ikan. Metode Yang Digunakan Adalah Studi Kasus, Dengan Pengambilan Sampel Purposive Sampling. Analisis Yang Digunakan Adalah Analisis Deskriptif Untuk Mengetahui Keragaan Pola Antrian Kapal, Analisis Pemanfaatan Fasilitas Untuk Mengetahui Berapakah Kapasitas Seharusnya Dermaga Bongkar, Kolam Pelabuhan, Luas Tpi Saat Ini Dan Analisis Lamanya Waktu Pembongkaran Ikan. Hasil Analisis Didapatkan Bahwa Pola Antrian Yang Diterapkan Di Ppi Karangsong Yaitu Pola Antrian Jalur Ganda-Fase Pelayanan Tunggal. Pemanfaatan Fasilitas Dermaga Bongkar Dan Luas Kolam Pelabuhan Melampaui Kapasitas Dengan Persentase 109% Dan 324%. Sedangkan Pemanfaatan Fasilitas Tpi Belum Mencapai Kapasitas Dengan Persentase 87%. Rata-Rata Kecepatan Bongkar Kapal Gillnet Ukuran 20 Gt Yaitu 813 Kg/Jam Dan 81 Kg/Orang/Jam. Rata-Rata Kecepatan Bongkar Kapal Gillnet Ukuran 30 Gt Yaitu 1.098 Kg/Jam Dan 88 Kg/Orang/Jam. Rata-Rata Kecepatan Bongkar Kapal Gillnet Ukuran ≥ 40 Gt Yaitu 1811 Kg/Jam Dan 131 Kg/Orang/Jam.