Pengaruh Teman Sebaya, Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Akademik Remaja Di Wilayah Perdesaan
Abstract
Prestasi akademik merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengetahui keberhasilan dari tujuan menempuh pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Karakteristik remaja, karakteristik keluarga, karakteristik teman sebaya, self efficacy, prokrastinasi, dan prestasi akademik remaja, (2) hubungan antara karakteristik remaja, keluarga, teman sebaya, self efficacy, dan prokrastinasi akademik remaja, (3) pengaruh antara karakteristik remaja, keluarga, teman sebaya, self efficacy, dan prokrastinasi akademik terhadap prestasi akademik remaja. Jumlah contoh dalam penelitian ini sebanyak 150 siswa SMA X dan Y di wilayah kabupaten Bogor. Pemilihan lokasi penelitian secara purposive dan penarikan contoh secara proportional random sampling. Hasil korelasi menunjukkan bahwa peranan teman sebaya berhubungan signifikan terhadap efikasi diri dan efikasi diri berhubungan dengan prokrastinasi akademik. Sementara itu, analisis regresi linier menunjukkan bahwa peranan dan tindakan anggota teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik dan prokrastinasi akademik berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik remaja.