Pengaruh Nilai Dan Kelompok Acuan Terhadap Pembelian Hedonis Konsumen Muda
Abstract
Pembelian hedonis merupakan suatu pembelian yang berdasarkan pada aspek kesenangan, melibatkan sensori dan diluar kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh nilai dan kelompok acuan terhadap pembelian hedonis konsumen muda. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional study dengan metode survei secara self report menggunakan kuisioner. Hasil penelitian didukung dengan wawancara mendalam terhadap beberapa contoh. Penelitian ini melibatkan 205 orang mahasiswa Strata-1 (S1) Institut Pertanian Bogor yang dipilih secara proportional random sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah uji beda independent t-test dan analisis linear berganda. Terdapat perbedaan signifikan pada dimensi nilai kegembiraan dan pembelian hedonis antara laki-laki dan perempuan. Nilai berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap pembelian hedonis, sedangkan kelompok acuan tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian hedonis.