Analisis Kinerja Dan Pola Perdagangan Pala Indonesia
Abstract
Pala merupakan salah satu komoditi potensial sekaligus unggulan dari
subsektor tanaman perkebunan yang memberikan peluang bagi Indonesia dalam
penghasil devisa melalui pangsa pasar ekspornya. Permintaan ekspor pala
Indonesia di pasar internasional dapat dilihat dari perkembangan nilai dan volume
ekspor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keunggulan komparatif dan
keunggulan kompetitif ekspor pala Indonesia, serta mengidentifikasi faktor-faktor
yang memengaruhi ekspor pala Indonesia di sepuluh negara tujuan ekspor, yaitu
Vietnam, Amerika Serikat, Belgia, Belanda, Perancis, Jerman, Spanyol, Singapura,
Federasi Rusia, dan Italia. Analisis RCA menunjukkan bahwa pala Indonesia
mempunyai keunggulan komparatif di sepuluh negara tujuan ekspor (RCA>1).
Analisis EPD pala Indonesia di negara Perancis, Italia dan Federasi Rusia memiliki
keunggulan kompetitif, di negara Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Singapura
mengalami penurunan permintaan ekspor, dan di negara Belgia, Spanyol, dan
Vietnam mengalami penurunan pangsa dan permintaan ekspor pala dunia. Hasil
estimasi Gravity Model menunjukkan bahwa variabel GDP riil negara tujuan dan
Indonesia, jarak ekonomi, dan harga ekspor pala berpengaruh signifikan serta
REER tidak berpengaruh signifikan terhadap volume ekspor pala Indonesia