Tingkat Partisipasi Komunitas Dalam Pengelolaan Radio Komunitas
Abstract
Prinsip radio komunitas adalah “dari, oleh, dan untuk komunitas”. Radio adalah salah satu media massa yang cepat dan efisien. Radio komunitas yang didirikan oleh komunitas tertentu, bersifat independen, dan tidak komersial, yang bertujuan untuk melayani kepentingan masyarakat. Kehadiran radio komunitas, sekelompok masyarakat dapat lebih leluasa memanfaatkan media tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakteristik anggota komunitas dan faktor penyiaran dengan tingkat partisipasi dalam pengelolaan radio komunitas Raksabumi. Penelitian dan pengambilan data dilakukan di wilayah Kelurahan Citeureup dengan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh pendekatan kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa usia berhubungan nyata dengan tingkat partisipasi dalam pembiayaan. Faktor penyiaran yang berhubungan nyata adalah kualitas siaran berhubungan nyata dengan tingkat partisipasi dalam pengambilan keputusan, dan pengadaan layanan interaktif radio komunitas Raksabumi berhubungan nyata dengan tingkat partisipasi dalam pengambilan keputusan dan tingkat partisipasi dalam siaran.