Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Benih Kelapa Sawit Pt Socfin Indonesia
View/ Open
Date
2016Author
Safitri, Sri Ariani
Suharno
Fariyanti, Anna
Metadata
Show full item recordAbstract
Seiring dengan meningkatnya permintaan benih kelapa sawit memicu
meningkatnya jumlah produsen benih kelapa sawit di Indonesia. Dalam kondisi
persaingan yang semakin ketat, PT Socfin Indonesia (Socfindo) sebagai salah satu
produsen benih kelapa sawit perlu melakukan evaluasi kinerja bauran pemasaran
(produk, harga, tempat dan promosi) terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pihak yang paling
berpengaruh pada proses keputusan pembelian benih kelapa sawit PT Socfindo,
menganalisis pengaruh kinerja bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas
pelanggan dan menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan benih
kelapa sawit PT Socfindo, serta menganalisis implikasi manajerial yang dapat
meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan benih kelapa sawit PT Socfindo.
Penelitian dilakukan di PT Socfindo yang beralamat di Jalan K.L Yos
Sudarso No 106 Medan, provinsi Sumatera Utara. Metode analisis yang
digunakan untuk mengidentifikasi pihak yang paling berpengaruh pada proses
keputusan pembelian adalah metode deskriptif. Untuk melihat pengaruh dimensi
bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah Structural
Equation Modelling Partial Least Square (SEM PLS). Selain itu, untuk
menganalisis tingkat kepuasan pelanggan, penelitian ini menggunakan metode
Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM PLS) dan Customer
Satisfaction Index (CSI). Sedangkan untuk menganalisis tingkat loyalitas
pelanggan, menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling Partial
Least Square (SEM PLS) dan Customer Loyalty Index (CLI).
Hasil analisis menunjukkan bahwa departemen produksi/tanaman
merupakan pihak yang paling berpengaruh dalam proses keputusan pembelian
benih kelapa sawit PT Socfindo. Dari empat dimensi bauran pemasaran, hanya
satu dimensi yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan
benih kelapa sawit PT Socfindo yakni dimensi bauran pemasaran produk. Di sisi
lain, dimensi harga, distribusi dan promosi tidak memiliki pengaruh signifikan
terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan benih kelapa sawit PT Socfindo.
Tingkat kepuasan pelanggan benih kelapa PT Socfindo termasuk ke dalam
kategori „sangat puas‟ dengan nilai CSI sebesar 77.19, sedangkan tingkat loyalitas
pelanggan benih kelapa sawit PT Socfindo termasuk ke dalam kategori „loyal‟
dengan nilai CLI sebesar 69.61. Selain itu, implikasi manajerial bagi PT Socfindo
untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan benih kelapa sawit yakni
meningkatkan kinerja bauran pemasaran produk berupa homogenitas benih kelapa
sawit, rerata potensi produksi TBS, rerata potensi ekstraksi CPO dan layanan
purna jual.
Collections
- MT - Economic and Management [2878]