Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Roti Merek Sari Roti
View/ Open
Date
2016Author
Muliasari, Risa Martha
Asmarantaka, Ratna Winandi
Rachmina, Dwi
Metadata
Show full item recordAbstract
Roti adalah jenis makanan praktis dan siap saji. Masyarakat perkotaan
mengonsumsi roti sebagai menu sarapan. Hal ini menyebabkan industri roti akan
semakin berkembang. Sari Roti adalah salah satu merek roti bervariasi jenis dan
rasa yang diproduksi oleh PT Nippon Indosari Corpindo. Penjualan roti manis
Sari Roti tahun 2014 dan 2015 mengalami penurunan. Segmentasi roti manis
adalah kaum muda. Oleh karena itu, penting untuk dilakukan penelitian terkait
pengaruh bauran pemasaran (4P) terhadap kepuasan konsumen Sari Roti,
khususnya kaum muda. Setelah diketahui pengaruh mana yang paling tinggi dan
signifikan, Perusahaan dapat mempertimbangkan kinerja atribut yang
berkontribusi pada dimensi tersebut untuk dipertahankan atau diperbaiki. Tujuan
penelitian ini adalah menganalisis proses keputusan pembelian, menganalisis
dimensi dalam bauran pemasaran yang memengaruhi kepuasan konsumen,
menganalisis tingkat kepuasan yang dibentuk oleh bauran pemasaran dan
merumuskan implikasi manajerial dari hasil analisis bauran pemasaran. Data
diperoleh dari 120 responden yang ditentukan dengan metode convenience
sampling dan dianalisis menggunakan Structural Equation Model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen melewati seluruh tahapan
proses keputusan pembelian. Tujuan konsumen melakukan pembelian Sari Roti
didasari oleh motivasi memenuhi kebutuhan sebagai makanan pengganti nasi.
Konsumen memperoleh informasi tentang Sari Roti dari iklan. Kriteria evaluasi
utama bagi konsumen sebelum memutuskan pembelian Sari Roti adalah kondisi
roti. Rencana pembelian konsumen tergantung situasi. Waktu pembelian adalah
pagi hari di hari kerja dan minimarket sebagai tempat pembelian, karena dekat
dengan tempat tinggal. Jenis roti yang dibeli adalah roti sandwich dan frekuensi
pembelian hanya 1-2x dalam satu minggu. Pola konsumsi Sari Roti termasuk
kategori jarang dan nilai pembeliannya berada di kelas interval lebih dari 2 000
rupiah hingga kurang dari 15 000 rupiah dalam satu minggu. Konsumen berminat
melakukan pembelian ulang. Apabila variasi jenis Sari Roti yang dicari tidak
tersedia dan terjadi kenaikan harga, tindakan konsumen tetap membeli Sari Roti.
Akan tetapi jika roti merek lain memberikan potongan harga, konsumen beralih ke
roti merek lain tersebut selama periode itu saja.
Bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa peran product, price, place dan
promotion terbukti meningkatkan kepuasan konsumen Sari Roti. Dimensi product
dan price memiliki pengaruh lebih kuat dibandingkan place dan promotion.
Tingkat kepuasan konsumen Sari Roti berada di kategori sangat puas. Implikasi
manajerial yang direkomendasikan adalah meningkatkan ketersediaan, penjualan
24 jam, hubungan masyarakat dan promosi penjualan.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]