Strategi Pengembangan Bisnis Pengolahan Pala Di Ud. Putra Mandiri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor
View/ Open
Date
2016Author
Harni, Monicha Septya
Daryanto, Heny K.S.
Jahroh, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia merupakan produsen pala dunia dengan pangsa pasar 75 persen.
Pala diekspor dalam bentuk kering utuh, kering bubuk, dan minyak atsiri.
Penurunan harga yang signifikan pada tahun 2015 memberikan dampak bagi UD.
Putra Mandiri, yaitu penurunan penerimaan dan perolehan bahan baku. Sehingga
perusahaan ini membutuhkan strategi pengembangan untuk menghadapi
permasalahan ini. Adapun tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasi faktor
strategis, merumuskan alternatif dan prioritas strategi, serta menentukan langkah
strategisnya untuk mencapai sasaran perusahaan. Sumber data diperoleh dari
wawancara mendalam dan studi literatur. Analisis data menggunakan analisis
SWOT, AHP dan arsitektur strategik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subfaktor strategis yang
mempengaruhi UD. Putra Mandiri ialah 1) produk berkualitas (S1); 2)
pengelolaan finansial yang baik (S2); 3) karyawan yang kompeten (S3); 4)
dikenal dan berpengalaman dalam produksi (S4); 5) belum adanya hubungan
kerjasama formal dengan pemasok/petani (W1); 6) keterbatasan modal investasi
(W2); 7) belum memiliki alat penyuling sendiri (W3); 8) pelanggan loyal (O1); 9)
kemudahahan memperoleh pinjaman dari perbankan (O2); 10) besarnya
permintaan pala (O3); 11) kondisi Kecamatan Tamansari (O4); 12) hambatan
masuk pasar cukup tinggi (O5); 13) penurunan harga pala yang signifikan (T1);
14) kualitas pala Indonesia bagi negara Importir (T2); dan 15) persaingan antara
perusahaan sejenis (T3).
Strategi pengembangan bisnis prioritas diperoleh secara berurutan 1)
meningkatkan produksi dengan pendekatan backward integration; 2)
meningkatkan aset investasi berupa alat penyulingan pala; 3) membuat kontrak
kerjasama; 4) meminjam modal investasi; 5) mempertahankan kualitas produk
dan kredibilitas perusahaan. Lima strategi tersebut dijabarkan kedalam tujuh belas
program kerja. Program tersebut dibagi menjadi program rutin dan program
bertahap.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]