Efektivitas Media Komunikasi Pemasaran Wisata Sejarah Dan Budaya Oleh Pengelola Kompleks Candi Gedong Songo, Kabupaten Semarang
View/ Open
Date
2016Author
Utari, Sita Putri Liawaty
Purnaningsih., Ninuk
Metadata
Show full item recordAbstract
Efektivitas media komunikasi pemasaran adalah keberhasilan pelaksanaan komunikasi pemasaran dengan menggunakan alat media komunikasi pemasaran dalam mencapai tujuan-tujuan komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini menganalisis karakteristik pengunjung Kompleks Candi Gedong Songo, menganalisis bentuk media komunikasi pemasaran dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas media komunikasi pemasaran Wisata Candi dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan konatif. Dalam penelitian ini unit candi yang diteliti adalah Kompleks Candi Gedong Songo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan didukung pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas media komunikasi pemasaran berada di kategori tinggi dan sedang. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah variabel pendapatan dan frekuensi penerimaan pesan terhadap efektivitas media komunikasi pemasaran, tepatnya pada aspek kognitif, afektif dan konatif.