Efektivitas Komunikasi Pemasaran Kebun Raya Bogor
View/ Open
Date
2016Author
Febriyani, Inez Kania
Kusumastuti, Yatri Indah
Metadata
Show full item recordAbstract
dan menjadi tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal
maupun mancanegara. Berbagai upaya dapat dilakukan agar Kebun Raya Bogor
dapat terus dikenal dan menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh
wisatawan dibandingkan dengan tempat wisata alam lainnya, salah satunya yaitu
melalui komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis
efektivitas komunikasi pemasaran Kebun Raya Bogor berpengaruh pada perilaku
wisatawan. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan instrumen kuesioner dan didukung oleh data kualitatif yaitu wawancara
mendalam. Jumlah responden yaitu sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa bauran komunikasi yang paling efektif untuk menyampaikan
informasi dan mendatangkan wisatawan adalah word of mouth. Hasil uji
menggunakan Rank Spearman menunjukkan bahwa faktor keterdedahan
komunikasi pemasaran yang berhubungan dengan perilaku wisatawan yaitu hanya
pada aspek tingkat pengetahuan.