. Efektivitas Website Sebagai Media Promosi Agrowisata Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat
Abstract
Website merupakan salah satu media promosi yang digunakan oleh
pihak agrowisata Gunung Mas dalam mempromosikan usaha wisatanya.
Tujuan penelitian ini ialah menganalisis efektivitas website dalam
mempromosikan agrowisata Gunung Mas dan menganalisis faktor-faktor
yang berhubungan dengan efektivitas promosi dilihat dari tahapan attention,
interest, desire, dan action (AIDA). Penelitian ini menggunakan metode
survei dengan menggunakan kuesioner online dan didukung dengan
wawancara dengan stakeholder agrowisata Gunung Mas beserta beberapa
responden. Responden berjumlah 72 orang yaitu pengunjung website yang
telah bersedia mengisi kueisoner online. Hasil penelitian menunjukkan
website efektif dalam menstilmusi perhatian (attention) dan meningkatkan
ketertarikan (interest) responden. Website kurang efektif dalam
memunculkan keinginan (desire) hingga mendorong responden untuk
mengunjungi agrowisata Gunung Mas (action). Faktor yang berhubungan
dengan efektivitas promosi melalui tahapan attention, interest, desire adalah
kelengkapan dan kejelasan informasi