Efektivitas Komunikasi Pemasaran Pada Makanan Jajanan (Street Food) Waroeng Taman, Bogor
Abstract
Efektivitas komunikasi pemasaran merupakan keberhasilan dalam pencapaian
tujuan komunikasi pemasaran dengan melihat perubahan perilaku pengunjung
atau pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara
karakteristik pengunjung dengan efektivitas komunikasi pemasaran dan untuk
menganalisis hubungan antara penilaian terhadap pelaksanaan komunikasi
pemasaran dengan efektivitas komunikasi pemasaran. Metode yang digunakan
accidental sampling dengan pendekatan kuantitatif yang didukung kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan antara karakteristik pengunjung dan
penilaian terhadap pelaksanaan komunikasi pemasaran dengan efektivitas
komunikasi pemasaran pada aspek kognitif, afektif dan konatif. Dari aspek konatif
efektivitas berhubungan dengan karakteristik pada kategori usia, tingkat
pendidikan dan frekuensi penggunaan media word of mouth pada penilaian
terhadap pelaksanaan komunikasi pemasaran.