Perilaku Remaja Pengguna Media Sosial Blackberry Messenger, Line Dan Whatsapp Dalam Perspektif Gender (Kasus Siswa Sma Negeri 3 Medan).
Abstract
Perilaku pengguna media sosial yang digunakan oleh kalangan remaja dalam perspektif gender dapat dianalisis dari intensitas penggunaan media sosial dan kepentingan penggunaan media sosial. Aspek gender yang dinilai adalah tingkat kepemilikan media sosial yaitu akses dan kontrol antara laki-laki dan perempuan dalam menggunakan media sosial. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perilaku remaja penggunaan media sosial dan menganalisis hubungan perilaku remaja pengguna media sosial dengan perspektif gender. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dan didukung dengan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini terdapat hubungan antara tingkat intensitas dan kepentingan terhadap tingkat kepemilikan media sosial dalam perspektif gender pada media sosial Line. Namun, jika terpilah jenis kelamin pada penelitian ini tidak terdapat hubungan antara tingkat intensitas dan kepemilikan terhadap tingkat kepemilikan media sosial Blackberry Messenger, Line dan WhatsApp. Media sosial Line merupakan media sosial dengan intentitas yang paling tinggi dan kepentingan pengguna paling besar pada kategori informasi di antara media sosial Blackberry Messenger dan WhatsApp. Ini mengambarkan bahwa media sosial Line merupakan media sosial yang digemari oleh siswa-siswi SMA Negeri 3 Medan sehingga tingkat perilaku pada siswa-siswi tersebut juga tinggi.