Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian “Yoghurt Cimory”
Abstract
Distribusi produk pertanian harus cepat dilakukan karena sifat produk yang
tidak tahan lama (cepat membusuk). Pengolahan produk merupakan solusi agar
produk menjadi tahan lama. Selain itu, produk dapat langsung disalurkan ke
konsumen melalui promosi. Media sosial diperlukan untuk mempermudah promosi
produk olahan pertanian karena sifatnya cepat dan langsung kepada konsumen secara
lebih meluas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan analisis mengenai efektivitas
media promosi melalui instagram, menghasilkan analisis hubungan antara
karakteristik followers dengan tingkat keterdedahan media sosial, serta menghasilkan
analisis hubungan antara tingkat keterdedahan media sosial melalui instagram dan
tingkat efektivitas media promosi (AIDA). Penelitian ini menggunakan metode survei
dengan menggunakan data kuantitatif berupa kuesioner online yang didukung oleh
data kualitatif berupa wawancara dengan pihak Cimory sebagai informan. Jumlah
responden dalam penelitian ini adalah 53 responden. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa instagram efektif dalam menstimulasi perhatian, ketertarikan, keingindan
hingga mendorong responden untuk melakukan pembelian Yoghurt Cimory.