Hubungan Komunikasi Kelompok Dengan Prestasi Belajar Siswa Sd (Kasus Siswa Kelas V Sdn Ciluar 2, Kabupaten Bogor).
Abstract
Dunia pendidikan dasar memerlukan metode belajar yang dapat membangkitkan semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: mengidentifikasi karakteristik siswa SD, pesan, dan saluran komunikasi, serta dukungan lingkungan sekolah dan orang tua, hubungannya karakteristik siswa SD, pesan, dan saluran komunikasi, serta dukungan dengan efektivitas komunikasi kelompok dan menganalisis hubungan efektivitas komunikasi kelompok dengan prestasi belajar siswa SDN Ciluar 2, Kabupaten Bogor. Dari hasil kerja kelompok maka dapat dilihat prestasi belajarnya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif didukung data kualitatif dengan analisis data berupa analisis statistik deskripsi (frekuensi, persentase, dan tabulasi silang) dan analisis inferensial. Pengolahan data menggunakan uji korelasi rank Spearman. Hasil yang didapatkan bahwa siswa kelas V pada umumnya berusia sebelas tahun dengan jumlah siswa perempuan kelas V lebih banyak dibandingkan dengan siswa laki-laki dan siswa kelas V pada umumnya beretnis Sunda. Karakteristik pesan verbal termasuk kategori tinggi dan karakteristik pesan non verbal termasuk kategori sedang adapun karakteristik saluran komunikasi interpersonal termasuk kategori sedang dan karakteristik saluran komunikasi bermedia termasuk kategori sedang. Dukungan guru termasuk kategori tinggi dan dukungan orangtua termasuk kategori sedang. Karakteristik individu berhubungan nyata dengan efektivitas komunikasi kecuali jenis kelamin tidak berhubungan nyata dengan semangat. Komunikasi kelompok berhubungan nyata dengan efektivitas komunikasi khususnya pada karakteristik pesan verbal dan karakteristik saluran komunikasi interpersonal. Dukungan berhubungan nyata dengan efektivitas komunikasi kelompok. Dalam kegiatan kerja kelompok terdapat hubungan sangat nyata efektivitas komunikasi kelompok dengan prestasi belajar siswa kelas V.