Strategi Public Relations Pemerintah Kota Bogor Dalam Pembentukan Opini Pengunjung Terhadap Program Sejuta Taman
Abstract
Public Relations merupakan fungsi manajemen dari sebuah organisasi, salah satu tugasnya adalah untuk mengevaluasi opini publik terhadap sebuah organisasi. Pemerintah Kota Bogor melalui Program Sejuta Taman memiliki tujuan untuk merubah opini masyarakat terhadap Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif serta analisis SWOT untuk mengetahui strategi yang diterapkan melalui hubungan antara karakteristik pengunjung dan aktivitas Public Relations dengan kecenderungan opini pengunjung terhadap pelaksanaan Program Sejuta Taman, yang merupakan hasil dari penilaian pengunjung terhadap tingkat pengetahuan dan sikap. Responden penelitian ini merupakan 60 orang pengunjung Taman Kencana dan Taman Ekspresi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa variabel kekuatan rancangan pesan memiliki hubungan nyata dengan kecenderungan sikap yang ditunjukkan oleh responden. Bagian Humas Pemerintah Kota Bogor memiliki strategi untuk menunjang kinerjanya, yakni dengan melakukan pembagian menjadi tiga sub-bagian. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa variabel kekuatan rancangan pesan berhubungan dengan sikap pengunjung. Perhitungan analisis SWOT menunjukkan bahwa Bagian Humas Pemerintah Kota Bogor perlu mengatasi ancaman dan kelemahan yang ada melalui peluang dan kekuatan yang dimiliki.