Analisis Orientasi Fashion Wanita Di Jabodetabek Menggunakan Korespondensi Berganda
View/ Open
Date
2015Author
Kurniawan, Yohanes Bella
Djuraidah, Anik
Kurnia, Anang
Metadata
Show full item recordAbstract
Wanita memiliki lima jenis orientasi fashion, yaitu indifferent,
communication oriented, value oriented, achievement oriented, dan flasher.
Orientasi fashion ini dipengaruhi oleh perilaku belanja dan karakteristik wanita.
Identifikasi hubungan antara ketiga aspek tersebut dapat dilakukan dengan analisis
korespondensi berganda. Hasil identifikasi ini dapat dimanfaatkan untuk
menentukan strategi pembuatan produk dan strategi pemasaran yang sesuai.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan antara orientasi fashion,
perilaku belanja, dan karakteristik wanita di Jabodetabek. Peubah-peubah yang
berasosiasi dengan orientasi fashion adalah frekuensi belanja pakaian dan tas, daya
beli pakaian dan tas, pendidikan terakhir, pendapatan dan konsumsi pribadi, dan
frekuensi akses internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmen value
oriented dan achievement oriented memiliki daya beli yang tinggi, namun frekuensi
belanja segmen achievement oriented tergolong rendah dibanding segmen value
oriented yang memiliki frekuensi belanja tinggi. Segmen indifferent, flasher, dan
communication oriented memiliki daya beli yang rendah walaupun segmen
communication oriented memiliki frekuensi belanja tinggi, sedangkan segmen
indifferent dan flasher memiliki frekuensi belanja rendah.