Daya Saing Komoditas Kakao Indonesia Dalam Perdagangan Internasional
Abstract
Indonesia perlu fokus pada produk kakao yang memiliki daya saing
tertinggi agar mampu terus bersaing dengan negara-negara kompetitor utama
dalam perdagangan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
daya saing biji kakao Indonesia dengan beberapa produk turunannya. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Penelitian dimulai dengan
menganalisis struktur pasar kakao dalam perdagangan internasional, hasilnya
menunjukkan bahwa struktur pasar biji kakao, lemak kakao, pasta kakao dan
bubuk kakao tergolong ke dalam oligopoli. Metode RCA (Revealed Comparative
Advantage) menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan komparatif
untuk biji kakao, pasta kakao dan lemak kakao (RCA>1). Metode ISP (Indeks
Spesialisasi Perdagangan) menunjukkan bahwa Indonesia memiliki
kecenderungan sebagai negara net exporter untuk biji kakao, pasta kakao dan
lemak kakao. Metode EPD (Export Products Dynamic) menunjukkan bahwa
Indonesia memiliki keunggulan kompetitif yang tinggi untuk biji kakao, pasta
kakao, lemak kakao dan bubuk kakao. Menurut analisis EPD, Indonesia memiliki
keunggulan kompetitif yang tinggi untuk keseluruhan produk kakao yang diteliti
dalam penelitian ini.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]