Posisi Dayasaing Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekspor Bubuk Kakao Indonesia Ke Negara Tujuan Ekspor Utama
Abstract
Ekspor bubuk kakao Indonesia ditentukan oleh dayasaing dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis posisi dayasaing serta faktor-faktor yang memengaruhi ekspor bubuk kakao Indonesia ke negara tujuan ekspor utama. Data yang digunakan berupa data sekunder 25 negara periode 2006-2013. Metode analisis yang digunakan yaitu RCA dan EPD untuk menganalisis dayasaing dan posisi pangsa pasar ekspor, serta gravity model untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ekspor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bubuk kakao Indonesia memiliki dayasaing komparatif yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai RCA > 1. Selain itu, bubuk kakao Indonesia juga memiliki kompetitif pada pasarnya dan memiliki pertumbuhan yang cepat yang ditunjukkan dengan mayoritas posisi berada pada kuadran rising star. Pada hasil estimasi gravity model menunjukkan bahwa GDP Indonesia, GDP negara tujuan, interaksi populasi, dan skor infrastruktur adalah faktor-faktor yang memengaruhi ekspor bubuk kakao Indonesia ke negara tujuan ekspor utama.