Pengaruh Program Corporate Social Responsibility Terhadap Pembentukan Citra Perusahaan.
View/ Open
Date
2015Author
Hijrisari, Fikra Sufi
Sarwoprasodjo, Sarwititi
Metadata
Show full item recordAbstract
Program CSR “Air untuk Semua” merupakan program CSR dari PT Pertamina EP
Asset 3 Subang Field bekerja sama dengan LSM Habitat for Humanity Indonesia
yang berjalan sejak tahun 2012. Program tersebut ternyata memberikan persepsi bagi
masyarakat yang kemudian membentuk citra perusahaan di masyarakat. Program
tersebut diterapkan di Desa Pasirukem, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten
Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat partisipasi
masyarakat dalam program terhadap pembentukan citra perusahaan, menganalisis
pengaruh intensitas komunikasi antarpribadi terhadap pembentukan citra perusahaan,
menganalisis pengaruh kualitas pekerja CSR terhadap pembentukan citra perusahaan
serta menganalisis dampak industrialisasi perusahaan terhadap pembentukan citra
perusahaan. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang
merupakan penerima Program CSR “Air untuk Semua”. Pengolahan dan analisis data
dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam program CSR “Air untuk
Semua” dan kualitas pekerja CSR berpengaruh terhadap pembentukan citra
perusahaan.