Efektivitas Promosi Kebun Wisata Pasirmukti Melalui Facebook.
Abstract
Facebook dapat membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan
produknya, termasuk perusahaan agrowisata “Kebun Wisata Pasirmukti”. Tujuan
penelitian ini adalah mengukur intensitas fans selaku responden dalam mengakses
Facebook dan aspek-aspek pesan serta menganalisis hubungan antara karakteristik
responden, intensitas responden mengakses Facebook dan aspek-aspek pesan
dengan efektivitas promosi yang dilihat melalui kekuatan pesan AIDA (attention,
interest, desire dan action). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
link kuisioner online kepada fans yang terdedah oleh aktivitas promosi “Kebun
Wisata Pasirmukti”. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi rankspearman
dan uji beda chi-square. Hasil penelitian menunjukkan promosi
perusahaan agrowisata Kebun Wisata Pasirmukti melalui Facebook efektif dalam
meningkatkan perhatian (attention) responden fans, mendorong responden fans
untuk menggali informasi mengenai konten fanpage (interest) dan menanyakan
lebih lanjut kepada admin (desire), namun kurang efektif mendorong responden
untuk berkunjung ke lokasi wisata. Selain itu, faktor yang berhubungan dengan
efektivitas promosi (AIDA) adalah intensitas update status, intensitas upload foto,
daya tarik pesan dan gaya pesan.