Posisi Dayasaing Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekspor Pakaian Jadi Indonesia Ke Negara Tujuan Utama Tahun 2009-2013
Abstract
Indonesia merupakan salahsatu pengekspor pakaian jadi terbesar di dunia.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis posisi dayasaing dan faktor-faktor yang
memengaruhi ekspor pakaian jadi Indonesia di negara tujuan ekspor utama.
Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dayasaing dan ekonometrik.
Metode Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Export Product Dynamic
(EPD) digunakan untuk menganalisis dayasaing. Analisis ekonometrik
menggunakan data panel dengan pendekatan gravity model. Periode dalam
penelitian ini adalah lima tahun (2009-2013). Negara tujuan ekspor utama adalah
Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Inggris, China, Brasilia, Belgia,
Italia, Belanda, Kanada, Malaysia, Saudi Arabia, Vietnam, Thailand, Turki,
Spanyol, Uni Emirat Arab, dan Perancis). Hasil analisis menunjukkan bahwa
pakaian jadi Indonesia memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif di dunia
tetapi di beberapa negara tujuan memiliki dayasaing lemah. Hasil analisis data
panel menunjukkan bahwa GDP riil, jarak ekonomi, harga ekspor, dan nilai tukar
riil secara seignifikan memengaruhi volume ekspor pakaian jadi Indonesia.