Strategi Pengembangan Usaha Benih Lele Di Kelompok Pembudidaya Ikan Jumbo Lestari Ciseeng Bogor
Abstract
Pokdakan Jumbo Lestari merupakan kelompok pembudidaya ikan yang
berfokus pada usaha pembenihan ikan lele. Tingginya permintaan terhadap lele
konsumsi menuntut Pokdakan Jumbo Lestari melakukan pengembangan bisnis
agar mampu bersaing dalam memenuhi kebutuhan petani pembesar terhadap
pasokan benih lele. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi yang tepat
dalam upaya pengembangan usaha benih lele pada Pokdakan Jumbo Lestari. Hasil
penelitian dijelaskan secara deskriptif dan menggunakan metode kuantitatif.
Tahap input penelitian ini menggunakan matriks EFE dan IFE yang menghasilkan
enam faktor kunci utama eksternal dan delapan faktor kunci utama internal yang
mempengaruhi usaha. Matriks EFE menunjukkan bahwa ketersediaan pasar untuk
lele konsumsi sebagai peluang utama dengan skor sebesar 0.856 dan perubahan
iklim sebagai ancaman terbesar dengan skor 0.5. Matriks IFE menunjukkan
bahwa indukan berkualitas merupakan kekuatan utama dengan skor 0.642 dan
kegiatan promosi merupakan kelemahan terbesar dengan skor 0.178. Tahap
pencocokan menggunakan matriks SWOT menghasilkan empat alternatif strategi.
Tahap keputusan menggunakan analisis QSPM menghasilkan strategi mengajukan
bantuan indukan lele mutiara kepada pemerintah sebagai prioritas.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]