Analisis Sistem Pemasaran Ikan Mas Kolam Air Deras Di Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang Jawa Barat
Abstract
Ikan mas merupakan salah satu komoditas ikan unggulan di Kabupaten
Subang yang memiliki potensi yang cukup baik untuk terus dikembangkan.
Sumber air yang selalu tersedia sepanjang tahun menjadikan media tanam kolam
air deras (KAD) mempunyai kelebihan untuk pembudidaya ikan mas di
Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang. Hasil analisis menunjukan bahwa
kondisi sistem pemasaran ikan mas di Kecamatan Cijambe, Subang (1) saluran
pemasaran yang terbentuk terdiri dari 5 saluran pemasaran, (2) terdapat 4 lembaga
pemasaran yang bertugas membeli produk dari produsen dan menyampaikan
produk ke konsumen akhir, (3) fungsi pemasaran setiap saluran berbeda – beda,
(4) struktur pasar yang terjadi jika dilihat dari sudut penjual maka struktur pasar
yang terjadi di tingkat pedagang pengumpul adalah cenderung bersifat oligopoli,
sedangkan struktur pasar yang dihadapi pedagang pengecer cenderung pasar
persaingan sempurna, (5) Pembudidaya ikan mas akan menjual hasil produksi
kepada pedagang pengumpul dengan cara pembayaran tunai. Saluran pemasaran
yang relatif efisien pada saluran pemasaran ikan mas Kecamatan Cijambe adalah
saluran pemasaran 5 (pembudidaya – pedagang pengecer – konsumen akhir)
karena memiliki margin pemasaran terkecil, farmer’s share besar dan rasio
keuntungan terhadap biaya memiliki nilai lebih dari satu.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]