Analisis Kinerja Ekspor Tekstil Dan Produk Tekstil (Tpt) Indonesia Ke Amerika Latin Periode Tahun 2009 Sampai 2013
Abstract
Amerika Latin merupakan pasar yang memiliki potensi cukup besar untuk
menjadi tujuan ekspor Indonesia, namun potensi tersebut belum dioptimalkan. TPT
adalah salah satu produk ekspor Indonesia ke Amerika Latin yang mengalami
pertumbuhan positif selama periode tahun 2009 sampai 2013, sehingga
menganalisis produk tersebut merupakan hal yang perlu dilakukan agar dapat
memperoleh keuntungan dari potensi pasar Amerika Latin. Penelitian ini bertujuan
menganalisis daya saing komparatif, dinamika pasar, menganalisis faktor-faktor
yang mempengaruhi ekspor, dan daya saing kompetitif serta strategi ekspor dari
TPT Indonesia. TPT Indonesia memiliki daya saing komparatif (RCA) yang kuat
di Amerika Latin. TPT Indonesia berada pada posisi falling star di Brazil, posisi
lost opportunity di Uruguay, dan posisi rising star di Argentina, Kolombia,
Paraguay, Peru, Panama, serta Venezuela. Hasil analisis gravity menunjukkan
bahwa variabel yang signifikan mempengaruhi nilai ekspor TPT Indonesia ke
Amerika Latin adalah GDP per kapita negara tujuan, populasi, tarif, dan jarak
ekonomi, sedangkan variabel nilai tukar tidak berpengaruh. Daya saing kompetitif
TPT Indonesia (porter’s diamond model) kuat, sedangkan strategi utama untuk
meningkatkan ekspor TPT adalah pencarian pasar baru bagi industri TPT Indonesia.