Identifikasi Indikator Standar Pelayanan Minimal Penciri Akreditasi Smp Dan Mts Dengan Metode Chaid Dan Regresi Logistik
View/ Open
Date
2015Author
Ahmad, Fahmi Salam
Susetyo, Budi
Soleh, Agus Mohamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Standar pelayanan minimal pendidikan dasar (SPM Dikdas) adalah tolak ukur
kinerja pelayanan pendidikan dasar melalui jalur pendidikan formal yang
diselenggarakan daerah kabupaten/kota. SPM Dikdas dirancang sebagai tahapan
awal untuk mencapai standar nasional pendidikan (SNP) yang diukur dengan status
akreditasi. Keterkaitan SPM Dikdas dan SNP dapat dilihat dengan analisis Chisquared
Automatic Interaction Detection (CHAID) dan regresi logistik ordinal.
CHAID digunakan untuk mengidentifikasi peubah penjelas (indikator SPM
Dikdas) yang berhubungan dengan peubah respons (peringkat akreditasi) dan
mengklasifikasikan peubah penjelas yang menjadi penciri kategori peubah respons
tertentu. Regresi logistik ordinal digunakan untuk menentukan peubah penjelas
yang berpengaruh terhadap peubah respons serta besar pengaruh dari masingmasing
peubah penjelas tersebut. Analisis CHAID menghasilkan 6 peubah penjelas
yang berhubungan terhadap peringkat akreditasi dan 9 segmen atau kelompok
sekolah dengan karakteristik akreditasi tertentu. Analisis regresi logistik ordinal
menghasilkan 12 peubah penjelas yang berpengaruh terhadap peringkat akreditasi.
Ketepatan klasifikasi yang diperoleh untuk analisis CHAID adalah 56.36% dan
untuk analisis regresi logistik ordinal adalah 56.65%.