Peranan Modal Sosial Dalam Meningkatkan Efektivitas Program Corporate Social Responsibility Dan Taraf Hidup Masyarakat
View/ Open
Date
2015Author
Shabrina, Gina Nefstia
Nasdian, Fredian Tonny
Siwi, Mahmudi
Metadata
Show full item recordAbstract
Corporate Social Responsibility merupakan bentuk tanggung jawab yang
mutlak dilakukan oleh perusahaan sebagai kewajiban terhadap masyarakat dan
lingkungan sekitar. Program CSR menjadi sebuah solusi dalam pemecahan
masalah di tengah masyarakat terkait dengan dampak operasinya. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis kekuatan modal sosial, efektivitas Program
Kemitraan, dan taraf hidup masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan didukung oleh data kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan
melalui wawancara terstruktur dengan menggunakan daftar pertanyaan
(kuesioner). Sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara
mendalam dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kekuatan
modal sosial masyarakat yang tergolong cukup kuat, efektivitas Program
Kemitraan tergolong cukup tinggi dan taraf hidup mayoritas pada tingkat sedang.
Pada penelitian ini modal sosial dapat meningkatkan efektivitas Program
Kemitraan dan taraf hidup masyarakat. Selain itu, terdapat hubungan antara modal
sosial dengan efektivitas program dan taraf hidup masyarakat.