Pengaruh Pengaruh Pola Asuh Disiplin Dan Spiritual, Serta Kecerdasan Spiritual Ibu Terhadap Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Di Perdesaan
View/ Open
Date
2016Author
Puspitasari, Rety
Hastuti, Dwi
Herawati, Tin
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan moral individu tidak terlepas dari karakter yang
dimilikinya. Individu dapat dikatakan berkarakter apabila individu mengetahui
moral, merasakan moral, dan melakukan moral, sehingga individu dapat
melakukan kebaikan berdasarkan moral. Kondisi karakter anak Indonesia
mengalami penurunan, hal tersebut dapat terlihat dari anak usia sekolah dasar
yang melakukan tindakan-tindakan yang buruk, seperti tawuran, bullying,
kriminalitas, pencabulan, pemerkosaan, dan perilaku lainnya. Perilaku tersebut
merupakan tindakan yang tidak berkarakter. Ini terjadi kemungkinan dampak dari
kondisi lingkungan yang diterima oleh anak baik lingkungan keluarga maupun
lingkungan lainnya. Karakter penting dibentuk oleh keluarga sebagai pengasuh
utama anak usia sekolah dasar. Anak usia sekolah dasar masih mengalami
perkembangan moral pada tahap berikutnya sehingga penting pengasuhan
karakter dilakukan pada usia ini, karena akan berdampak dalam jangka panjang
sampai anak menjadi dewasa. Orangtua melalui perannya membentuk karakter
anak usia sekolah dasar melalui proses pengasuhan yang positif. Proses
pengasuhan positif dapat dilihat dari pola asuh disiplin dan pola asuh spiritual,
serta dapat dilihat melalui kecerdasan spiritual ibu. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh pola asuh disiplin dan spiritual, serta kecerdasan spiritual
ibu terhadap karakter anak usia sekolah dasar di perdesaan.
Penelitian ini merupakan bagian dari Penelitian hibah kompetensi tahun
2015 dengan judul “Model Pendidikan Karakter Anak pada Keluarga Perdesaan
Berbasis Family and School Partnership” yang diketuai oleh Dr. Ir. Dwi Hastuti,
M.Sc. dan anggotanya Alfiasari SP., M.Si. Pemilihan tempat dilakukan secara
purposive di perdesaan wilayah Kabupaten Bogor. Penarikan contoh pada
penelitian dengan menggunakan proportional random sampling dengan jumlah
125 responden. Pengambilan data dilakukan melalui teknik wawancara dengan
bantuan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji independent ttest,
dan uji regresi. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari pola asuh
disiplin dan spiritual ibu antara anak laki-laki dan anak perempuan. Terdapat
perbedaan yang signifikan antara karakter anak laki-laki dengan anak perempuan.
Tidak terdapat perbedaan kecerdasan spiritual ibu pada anak lak-laki dan anak
perempuan. Karakter anak perempuan lebih baik dari anak laki-laki. Hasil analisis
regresi menunjukkan bahwa pendapatan, pola asuh disiplin induktif, pola asuh
spiritual, kecerdasan spiritual ibu berpengaruh terhadap karakter anak.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]