Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Status Identitas Diri Terhadap Prestasi Akademik Remaja Di Wilayah Perdesaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah dan status identitas diri remaja terhadap prestasi akademik remaja di wilayah perdesaan. Contoh dalam penelitian ini adalah 132 siswa kelas XI dari dua Sekolah Menengah Atas Negeri di Wilayah Perdesaan Kabupaten Bogor. Pengambilan data dilakukan dengan teknik pelaporan diri menggunakan alat bantu kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji korelasi, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari separuh remaja memiliki status identitas diri moratorium dan menunjukkan persepsi terhadap lingkungan sekolah yang cukup. Hampir seluruh remaja memiliki prestasi akademik dengan kategori baik. Prestasi akademik secara positif signifikan berhubungan dan dipengaruhi oleh jenis kelamin dan lingkungan sekolah. Status identitas diri dan pendapatan perkapita berhubungan dan berpengaruh negatif signifikan terhadap prestasi akademik.