Analisis Penggunaan Internet Marketing Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang Pada Ukm Bangnana Chips
Abstract
Keripik pisang merupakan salah satu bentuk olahan makanan yang sekarang
banyak berkembang di masyarakat. Salah satu usaha kecil yang menggeluti
keripik pisang adalah UKM Bangnana Chips. Usaha ini sangat prospektif untuk
dikembangkan dengan potensi yang ada. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal yang menjadi kekuatan
maupun kelemahan dari UKM Bangnana Chips serta membuat rancangan internet
marketing dalam strategi pengembangan usaha keripik pisang tersebut.
Perancangan strategi bisnis yang dibahas ada tiga tahap, yaitu tahap input, tahap
pencocokan, dan tahap keputusan. Tahap input menggunakan analisis internal dan
eksternal untuk digunakan dalam analisis SWOT. Kemudian, tahap keputusan
menggunakan arsitektur strategi. Hasil dari beberapa tahap analisis tersebut
menyarankan UKM Bangnana Chips untuk membuat tim digital marketing untuk
mendapatkan pengunjung yang akan mendaftar menjadi agen, membuat
infrastruktur digital yang terintegrasi dengan sistem CRM, inbound marketing dan
ERP, serta pengembangan dan penyempurnaan infrastruktur digital agar selalu
mengikuti perkembangan di dunia digital.
Collections
- UT - Agribusiness [4553]