Analisis Kesediaan Membayar Konsumen Beberapa Komoditi Sayuran Organik (Studi Kasus: Giant Hypermarket, Botani Square, Kota Bogor).
Abstract
Masyarakat mulai sadar dan menjalani pola hidup sehat dan alami dengan
mengkonsumsi produk makanan organik salah satunyasayuran organik. Sayuran
organik merupakan salah satu produk konsumsi yang ramah lingkungan dan baik
untuk menjaga kesehatan Tujuan penelitian ini adalah 1)Menganalisis faktor
utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli sayuran organik;
2)Menentukan harga WTP konsumen yang bersedia dibayarkan terhadap sayuran
organik menggunakan Contingent Valuation Method (CVM); 3)Menganalisis
faktor yang mempengaruhi WTP pelanggan sayuran organik dengan analisis
regresi logistik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, faktor yang menjadi
pertimbangan utama konsumen dalam membeli sayuran organik adalah kemasan,
kesegaran sayuran, dan logo halal. Harga yang ingin dibayarkan oleh konsumen
untuk masing-masing sayuran yang dijadikan obyek penelitian adalah untuk
produk kangkung Rp7 159/100 gr; Bayam Rp6 955/100 gr; dan caisim Rp6
928/100 gr. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi WTP sayuran organik
bagi konsumen meliputi usia, jenis kelamin, dan status pernikahan.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]