Analisis Tataniaga Buah Manggis Di Desa Cikalong Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
Abstract
Manggis (Garciniamangostana Linn) merupakan salah satu komoditas
buah yang memiliki nilai ekonomi tinggi serta merupakan buah ekspor yang
menjadi andalan Indonesia. Tasikmalaya adalah salah satu sentra dengan wilayah
produksi manggis terbesar di Jawa Barat yang memiliki potensi besar untuk
tujuan ekspor. Desa Cikalong, Kecamatan Sodonghilir memiliki hasil manggis
dengan kualitas terbaik di wilayah Tasikmalaya. Hal ini memberikan peluang
besar bagi daerah Tasikmalaya dalam perdagangan manggis untuk tujuan pasar
ekspor. Hasil analisis menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang terbentuk
terdiri dari 4 saluran pemasaran. Saluran pemasaran yang relatif efisien pada
saluran pemasaran 4 yaitu terdiri dari (petani pedagang pengumpul besar
eksportir atau konsumen akhir) karena memiliki margin pemasaran dan total biaya
terkecil dengan keuntungan tertinggi dibandingkan dengan saluran yang lain,
selain itu memiliki farmer’s share paling besar dan total rasio keuntungan
terhadap biaya memiliki nilai lebih dari satu.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]